Rabu, 03 Desember 2008


MAWAR (ROSE)

Mawar termasuk dalam famili Rosaceae, memiliki aneka warna, seperti putih, kuning, merah dan pink. Mawar adalah bunga yang cantik karena keindahannya yang menawan serta aromanya yang harum dan khas. Karena keindahannya, mawar dijuluki “Queen of Flower”.
Di Indonesia daerah yang cocok untuk menanam mawar adalah daerah pegunungan pada ketinggian lebih dari 1250 m dpl, akan tetapi kendala lain di daerah ini biasanya banyak berawan dan banyak kabut sehingga kelembapannya tinggi. Sedangkan tanaman mawar sangat peka terhadap beberapa penyakit yang timbul bila kelembapan udaranya tinggi.
Berdasarkan tipe bunganya dikenal 3 tipe mawar. Yaitu mawar bertangkai panjang, mawar bertangkai pendek dan mawar spray. Tipe ini juga dikenal dengan mawar berbunga besar, berbunga kecil dan mawar spray.

Mawar berbunga besar
Tipe ini berasal dari mawar jenis Hybrida tea. Panjang tangkai jenis ini umumnya antara 50-120 cm, bunganya besar, banyak dan beraroma harum. Penanganan jenis ini lebih sulit dibandingkan dengan jenis bunga kecil dan vase life bunga ini juga lebih pendek, meski demikian permintaan bunga jenis ini lebih banyak dibandingkan dengan jenis lain.

Mawar berbunga kecil
Tipe ini berasal dari mawar jenis Floribunda. Panjang tangkainya antara 35-60 cm, bunganya lebih kecil dibandingkan dengan tipe besar namun produktivitas bunga jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis Hybrida Tea. Mawar berbunga kecil vase lifenya lebih tinggi, namun dalam dunia perdagangan bunga potong mawar rata-rata harganya lebih rendah dibandingkan dengan jenis mawar berbunga besar.

Mawar Spray
Mawar jenis spray mempunyai bunga sebanyak enam kuntum bunga kecil dalam satu tangkai. Jenis mawar bunga potong ini belum lama diperkenalkan di dalam industri florikultura, sehingga pasarnya pun masih terbatas. Produktivitas bunga jenis ini lebih rendah dibandingkan jenis lainnya.

Tidak ada komentar: