Rabu, 03 Desember 2008

KRISAN (CHRYSANTHEUM)

Chrysantheum atau krisan yang termasuk dalam famili Compositae berasal dari daratan Cina, memiliki aneka warna, seperti putih, kuning, salem, merah, pink dan violet. Krisan juga mempunyai banyak variasi kelopak : tunggal dan bertumpuk dengan ukuran kecil hingga super besar. Keindahan krisan memikat banyak orang.
Di Indonesia krisan lebih popular sebagai bunga potong dan bunga siap pajang yang dijual dalam pot. Tanaman ini sedikit manja dan membutuhkan perawatan khusus. Masuk akal karena krisan berasal dari daerah subtropik yang beriklim dingin, sekitar 17 - 24 derajat C.
Keistimewaan bunga krisan sehingga banyak disukai adalah karena jenis atau varietasnya banyak, warna-warni, dan berdaya tahan lebih lama dari bunga lainnya. Jumlah varietas bunga potong ini mencapai 50 lebih, bahkan konon jauh lebih banyak lagi. Hebatnya, setiap jenis warnanya amat beragam.

Berdasarkan jumlah bunga yang dipelihara dalam satu tangkai, bunga krisan dapat dibedakan menjadi 2 tipe.

Tipe Spray
Semua jenis bunga krisan pada dasarnya berbentuk spray, yaitu dari satu cabang tanaman tumbuh beberapa cabang bunga lateral hanya saja tergantung pada selera pemakai. Pada pertumbuhan yang normal, bunga terminal akan tumbuh lebih cepat daripada bunga lateral, sehingga bunga terminal terlihat jauh lebih tua. Oleh karena itu, pada tipe spray, biasanya bunga terminal dibuang sehingga bunga-bunga lateral akan tumbuh dan mekar lebih serempak.

Tipe Standar
Bunga krisan yang berukuran besar biasanya dijadikan tipe standar, yaitu dengan membuang semua bunga-bunga samping atau lateral, sehingga tinggal satu bunga yang berada di tengah atau bunga terminal yang terus dipelihara.

Tidak ada komentar: